Alm. KH. MAKSUM SYAFI’I; Tokoh Dibalik Kebesaran Ma’had Aly Situbondo

Alm. KH. MAKSUM SYAFI’I; Tokoh Dibalik Kebesaran Ma’had Aly Situbondo

Usia lanjut bukan penghalang cintanya pada kita. Beliau senantiasa semangat mengabdi ke Ma’had Aly, membimbing para mahasantri.

***

KH. Achmad Maksum Syafi’i, lahir di Banyuwangi tanggal 03 Maret 1936. Kiai Maksum, putra pertama sepuluh bersaudara dari pasangan H. Syafi’i dan Hj. Sholehah. Di lingkungan beliau, akrab disapa Abah Maksum, ada juga teman sejawat yang memanggilnya Kang Maksum.  Ayah beliau bukan dari keturunan “darah biru”, kemudian ayah beliau menikahi putri “darah biru” dari Kiai Harun Banyuwangi (pendiri pondok pesantren Darunnajah tukang kayu Banyuwangi).

Kiai Maksum memulai perjalanan akademik dari pondok Saringan Banyuwangi yang diasuh oleh Kiai Asy’ari.  Kiai Maksum remaja usia 15 tahun melanjutkan studi agama di Pondok Pesantren Tebuireng, selama 5 tahun beliau nyantri di sana, lalu menuju Lasem untuk belajar di Pondok Lasem selama 4 tahun.

Semenjak mondok/nyantri, kewibawaan, kecerdasan, ketangkasan, kecakapan dan keterampilan beliau begitu masyhur di kalangan para santri lainnya sehingga beliau cukup disegani. Bahkan selama di Lasem beliau sempat diberi kepercayaan memberikan pengajian kitab Fathul Qarib kepada santri lainnya.

Beliau mengaji kitab Ihya’ Ulumuddin di Pondok Al-Hidayah kepada Kiai Maksum Lasem. Beliau mengaji kitab Jam’u al-Jawami’ kepada Syekh Masduqi pengasuh Pondok Al-Ishlah Lasem. Beliau pun mengaji Fathul Mu’in kepada Mbah (kiai sepuh) Baidlowi di Pondok Sumber Girang. Aktifitas mengaji ini beliau jalani dengan tekun dan gigih selama di Lasem, seperti ini beliau mendedikasikan diri untuk ilmu demi keberkahan serta keluasan ilmu yang nantinya diharapkan bermanfaat.

Ketika kembali ke kampung halaman selepas perjalanan akademiknya (mondok), tepatnya di tahun 1960, beliau aktif berperan dalam organisasi kemasyarakatan yakni Nahdlatul Ulama (NU). Beliau menjadi salah satu pengurus ranting NU daerah Tukang Kayu Banyuwangi Kota. Saat itu di daerah tersebut minim lembaga pendidikan taman kanak-kanak, padahal dirasa perlu menyiapkan pendidikan sejak dini bagi generasi bangsa. Sehingga Kiai Maksum bersama para tokoh masyarakat sekitar mendirikan lembaga pendidikan taman kanak-kanak yang diberi nama TK. Kusuma Bangsa. Meskipun TK ini didirikan oleh ranting NU, namun berdasarkan usulan Kiai Maksum TK ini tidak diberi nama yang bisa diidentikkan dengan NU ataupun dengan Islam, alasan beliau agar TK yang didirikan ini mengesankan keterbukaan diri (bersedia untuk) menerima semua kalangan yang hendak masuk TK tersebut.

Lambat-laun Kiai Maksum mulai dikenal oleh banyak kalangan di Banyuwangi, karena keterlibatan beliau dalam mengembangkan pendidikan. Dan suatu ketika Kiai Maksum diberi kepercayaan oleh Kiai Harun pengasuh Pondok Pesantren Darunnajah untuk mengembangkan pendidikan di pondok tersebut. Lalu Kiai Harun menjodohkan putri beliau, Maksumah dengan Kiai Maksum.

Sepak terjang beliau dalam keorganisasian beranjak ke kancah MCW NU setelah sekian lama beliau menjadi pengurus ranting NU, hingga kemudian beliau aktif berperan dalam PCNU Banyuwangi. Di PCNU Banyuwangi beliau pernah ditunjuk sebagai Rois Syuriah. Tidak hanya di NU kiprah beliau dalam organisasi, beliau pun aktif di lembaga MUI Banyuwangi, beliau juga pernah menjadi ketua badan penasehat perkawinan dan perceraian (BPPP) di Pengadilan Agama Banyuwangi, dan beberapa tahun sebelum beliau wafat sempat menjabat ketua RMI Banyuwangi.

Beliau juga dikenal sebagai politisi sejati. Semenjak terjun ke dunia politik, Kiai Maksum tidak pernah beranjak dari partai politik PPP. Beliau pernah menjabat anggota legislative DPRD tingkat I Banyuwangi selama 5 periode, tentu DPRD dari PPP.

Sejak awal berdirinya Ma’had Aly PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, Kiai Maksum ditunjuk langsung oleh Alm. KHR. As’ad Syamsul Arifin untuk membantu mengajar. Pernah suatu ketika beliau minta izin kepada KHR. Ahmad Fawaid As’ad untuk berhenti mengajar karena sudah sepuh dan sering sakit-sakitan. Namun KHR. Ahmad Fawaid As’ad menjawab “Kalau Kiai mau berhenti mengajar di Ma’had Aly, Kiai harus minta izin kepada abah (KHR. As’ad Syamsul Arifin) karena abah yang nyuruh Kiai ngajar di Ma’had Aly”. Dari kejadian ini, Kiai Maksum mengurungkan niatnya untuk berhenti mengajar di Ma’had Aly; “Usia lanjut bukan penghalang cintanya pada kita. Beliau senantiasa semangat mengabdi ke Ma’had Aly, membimbing para mahasantri hingga menjelang akhir usia”.

Di akhir-akhir hayatnya, Kiai Maksum semakin giat untuk mengajar, walaupun sedang menghadapi penyakit fisik dan beberapa kali harus menjalani upaya penyembuhan. “Ia sudah gak apa-apa aku mati, asalkan mati ketika mengaji”, ungkapnya tegar.

Ahad 26 Ramadlan 1434 H bertepatan tanggal 04 Agustus 2013 pukul 07.00 WIB, istri beliau Ny. Hj. Maksumah dan seluruh putra-putrinya (lima putra dan lima putri) berduka atas wafatnya beliau, Kiai Maksum Syafi’i. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah Swt. Semaoga beliau tergolong hambanya yang khusnul khatimah. Dan semoga perjuangan beliau senantiasa dilanjutkan, utamanya perjuangan pendidikan Islam, amin… (fQh)

Add a Comment

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest