KH. Dhofir Jazuli ; Sang Pengampu dan Pengamal Ilmu Tasawwuf

KH. Dhofir Jazuli ; Sang Pengampu dan Pengamal Ilmu Tasawwuf

Saat Kru Majalah Tanwirul Afkar mewawancarai responden, hal yang terpancar saat menjawab pertanyaan adalah antusiasme tentang sosok beliau. Mulai dari keluarga, teman sejawat, dan para murid beliau, semua sepakat bahwa KH. Dhofir Jazuli merupakan sosok yang perlu diteladani. Kualitas agama yang mumpuni, akhlak mulia yang dimiliki, serta kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan agama adalah tiga hal yang membuat siapa pun yang mengenalnya berdecap kagum.

Lahir di Bangkalan, tepatnya Desa Tambegan, pada tahun 1946, Ustaz Dhofir-begitu beliau akrab disapa- tumbuh sebagai anak yang hidup di lingkungan keluarga yang peduli dengan ilmu agama. Orang tua beliau menekankan pendidikan agama kepada Ustaz Dhofir.

Semenjak pendidikan SD beliau menjadi santri pesantren di daerah Sabbeneh Bangkalan yang diasuh oleh Kiai Thabrani. Di pesantren ini beliau terkenal sangat rajin berkhidmah dan menimba ilmu kepada sang guru. Dhofir kecil sering membantu pekerjaan-pekerjaan yang ada di pesantren. Setiap ada pekerjaan di sawah, beliaulah yang bertugas untuk mengantarkan makanan untuk petani. Setiap kali Kiai Thabrani keluar untuk memenuhi undangan, sosok santri yang patuh ini selalu menunggu kepulangan beliau di depan masjid pesantren. Ketika kiai datang, Ustaz Dhofirlah yang diberi tugas untuk membawakan berkat yang diperoleh kiai.

Berdasarkan penuturan Nyai Khadijah Muhyiddin (istri Ustaz Dhofir), setalah dua tahun nyantri di Pesantren Sabbeneh, Ustaz Dhofir lalu pamit untuk pindah ke Sukorejo. Kiai Thabrani mengizinkannya dan berpesan agar setiap pulang sekolah, beliau selalu membantu orang kampung untuk memanen jagung. Pah jagung itulah yang kemudian oleh Ustaz Dhofir digiling untuk dijadikan makan sehari-hari beliau (nasi jagung).

Beliau jarang mendapatkan kiriman dari rumah. Bahkan untuk sekedar makan, beliau harus bekerja sendiri untuk mendapatkannya. Kondisi yang demikian itu tidak menyurutkan beliau untuk terus tafaqquh fi ad-din. Dengan giat dan ikhlas, beliau menjalankan kehidupan pesantren dengan sederhana, bahkan serba kekurangan.

Ustaz Dhofir dikenal sebagai santri yang cerdas, terutama dalam bidang ilmu alat (nahwu dan sharraf). Kecerdasan inilah yang membuat Kiai As’ad memiliki ketertarikan khusus kepada beliau. Menurut kisah yang disampaikan Ustaz Aziz Noer, setelah lulus dari Madrasah Ibtida’iyah, Ustaz Dhofir diberi tugas oleh Kiai As’ad untuk mengajar Madrasah Tsanawiyah.

Mendapat tugas itu, Ustaz Dhofir bingung. Karena seharusnya ia masih belajar di Madrasah Tsanawiyah, bukan mengajar. Pada akhirnya, beliau mau menerima tugas itu dari pengasuh.  Dan tentu saja, orang-orang yang menjadi murid-murid beliau di Madrasah Tsanawiyah adalah teman-teman seangkatannya dulu ketika di Madrasah Ibtida’iyah.

Ustaz Dhofir ini juga tercatat sebagai dosen di Ma’had Aly Situbondo. Beliau dipercaya mengampu Kitab Minhajul Abidin, kitab kuning dengan genre Tasawwuf. Sebagai dosen tasawwuf, beliau tidak hanya sekedar menguasai materi. Lebih dari itu, beliau juga mengamalkan apa yang diajarkan kepada para muridnya dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang membuat para santri semakin segan kepada beliau.

Di kalangan santri Mahad aly beliau dikenal sebagai seorang dosen yang sangat teliti, terutama mengenai kaidah Nahwu-Shorrof. Meski kitab yang dipelajarinya adalah kitab tasawwuf, namun tak ketinggalan di sela-sela menerangkan materi tasawwufnya beliau juga menanyakan I’lal, Nahwu, dan Shorrof.

Selain diakui kecerdasannya, alumni angkatan pertama Fakultas Syariah ini juga dikenal sangat telaten dalam memberikan pembelajaran. Saat menjadi kepala kamar C. 03, beliau mengisi pengajian kitab kuning. Pengajian yang beliau isi tidak diikuti oleh anak kamarnya saja, melainkan juga santri dari asrama lain.

Menurut pengalaman yang disampaikan Ustaz Aziz Noer, kalau sudah berurusan dengan kitab kuning, Ustaz Dhofir selalu semangat, kapanpun dan dimanapun. Jika ada yang bertanya kepada beliau mengenai pemahaman tentang kitab kuning, maka selalu dilayani.

Saat itu, Ustaz Aziz Noer juga menjadi ketua kamar di sebelah kamar beliau (C.02), juga memberikan pengajian kitab kuning, tepatnya kitab al-Fiyah Ibnu Malik. Setiap kali hendak mengajar, Ustaz Aziz selalu bertanya kepada Ustaz Dhofir. Bahkan, meski sudah larut malam dan beliau sudah tidur, beliau bersedia untuk dibangunkan.

“Beje napa beih. Mon bede se sulit ampian atanya ghi, teppaa’en bule asaren, jegheih!TerjemahKapanpun, jika ada yang sulit, silahkan bertanya, meskipun saya sedang tidur, bangunkan!).” begitu pesan Ustaz Dhofir kepada Ustaz Aziz.

Keteladanan ini tidak pernah hilang meskipun beliau sudah berkeluarga. Ayah dari enam anak ini tetap memprioritaskan pendidikan agama santri, terutama bacaan kitab kuning. Menurut penuturan Ustaz Hamdi, murid yang kemudian menjadi menantu beliau, “Abah-begitu Ustaz Hamdi memanggil beliau- selalu melayani santri-santri yang hendak belajar kepada beliau

Setiap hari selalu ada santri yang mendatangi rumah beliau untuk mengaji kitab kuning. Jika ada santri yang mendatangi rumah beliau untuk belajar kitab kuning dan beliau sedang makan saat itu, maka seketika itu beliau berhenti makan dan langsung mengajar. Begitu pula jika ada tamu, beliau ladeni sekalipun sudah larut malam.

Karena sikapnya yang begitu, sang istri sering melarang santri atau tamu untuk mengucapkan salam ke rumah beliau saat Ustaz Dhofir belum selesai makan. Hal ini dilakukan karena sang istri khawatir sang suami menghentikan makannya sebelum benar-benar selesai. Nyai Tiju-sapaan akrab istri beliau, Nyai Khadijah Muhyiddin- juga mewanti-wanti agar tidak menemui tamu hingga larut malam karena seharian fisik beliau sudah diforsir untuk mengajar dan esoknya lagi masih harus mengajar.

Selama di Pesantren Sokorejo, beliau tidak pernah menjabat sebagai pengurus pesantren. Aktifitas beliau dari bangun tidur hingga tidur kembali adalah memberikan pengajaran dan pengajian kitab kuning kepada santri, baik di madrasah, masjid, musala baik di asrama putra atau putri, dan di rumah beliau.

Di samping itu, beliau juga aktif mengikuti Bahtsul Masail baik di dalam maupun di luar pesantren sebagai mushohih atau muharrir. Tambah sepuh umur beliau, aktifitasnya bukan malah berkurang melainkan bertambah. Istri dan anak-anak beliau pun khawatir dengan kesehatan sosok suami dan ayah yang mereka cintai.

Selain dikenal sebagai a’lim- allamah beliau juga dikenal sebagai pribadi yang istikamah. Menurut pengakuan dari beberapa muridnya, beliau tidak pernah meninggalkan salat berjamaah. setiap selesai melaksanakan salat maktubah, beliau tidak pernah alpa membaca Al-Qur’an. Beliau juga konsisten untuk mengajar, jika ada uzur beliau selalu izin kepada pihak madrasah.

Selain itu, tingginya kualitas ilmu salah seorang dosen Ma’had Aly Situbondo dan Falkutas Syari’ah Institut Agama Islam Ibrahimy ini tidak menjadikan beliau bersikap angkuh. Beliau dikenal sebagai pribadi yang tawadu. Sedikitpun, beliau tidak pernah tinggi hati atas ilmu yang beliau miliki. Bagi KH. Hasan Basri, Lc., teman seangkatan beliau sewaktu di Falkutas Syari’ah, sosok Ustaz Dhofir adalah sosok ustaz ‘amali, tidak terlalu banyak teori tapi mengamalkan dengan baik ajaran-ajaran tasawwuf.

Sikap tawadu beliau ini juga dibuktikan dengan sikap ta’dzim (penghormatan) beliau kepada guru sekaligus dzuriyyahnya. Beliau juga menghormati para pengurus pesantren dan tenaga pengajar sekalipun sejatinya mereka adalah muridnya.

Kerendah-hatian Ustaz Dhofir ini dilengkapi dengan sikap beliau yang ikhlas, selalu tampil apa adanya dan alami dengan sepenuh hati dalam menjalankan tugasnya sebagai mua’llim. Tidak jarang, untuk menempuh perjalanan dari rumahnya ke masjid atau musalla tempat beliau mengajar, beliau menggunakan sepeda kayuh (onthel). Suatu pemandangan yang agak ‘aneh’ mungkin bagi para santri untuk orang alim semacam Ustaz Dhofir.

Tak pelak, akhlaq al-karimah yang dimiliki beliau membuatnya disegani siapapun. Suara serak diselingi batuk saat beliau mengisi pengajian kitab kuning adalah ciri khas beliau yang membuat para santri ta’dzim kepadanya.

Beliau juga menjaga silaturahmi kepada siapa saja, termasuk kepada murid-muridnya. Di manapun murid beliau mengundangnya, akan beliau datangi sekalipun melalui medan yang tidak mudah.

Sebagai seorang ayah, beliau adalah teladan bagi anak-anaknya. Ustaz Dhofir selalu menekankan pendidikan agama kepada anak-anaknya. Lebih dari itu, beliau adalah murabbi al-ruh bagi keluarganya. Beliau sangat teguh memegang ajaran-ajaran agama dan itu beliau tekankan kepada putra-putrinya, baik dalam persoalan akidah, akhlak dan hukum-hukum amaliah (fiqh). Dalam soal ini, Ustaz Dhofir sangat tegas, terutama mengenai menutup aurat, kecuali dalam keadaan-keadaan tertentu.

Kepeduliannya terhadap santri tetap utuh meskipun beliau sakit menjelang wafat. Setiap kali ada pengurus pesantren atau tenaga pengajar pesantren menjeguknya, beliau selalu menanyakan perkembangan kitab kuning santri. Secara khusus, beliau berpesan kepasa Ustaz Zaini Miftah untuk mengisi pengajian di masjid. Pada saat sakit pun, beliau juga mengajar kitab kuning, terutama tasawwuf. Ketika itu, yang dibaca adalah kitab al-Futuhat al-Rabbaniyah karya Ibnu ‘Arabi.

Tepat pada tahun 2007, beliau berpulang ke pangkuan Ilahi. Sang guru dipanggil menghadap hadirat Allah Swt. Pengabdian dan kepedulian beliau terhadap ilmu agama tidak akan pernah dilupakan oleh santri. Semoga segala amal saleh beliau diterima di sisi Allah Swt dan segala kesalahan-kesalahannya diampuni. Semoga, kepribadian beliau dapat diteladani oleh para santri.

Sumber | Majalah Tanwirul Afkar

Add a Comment

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest