Pendaftaran Mahasantri Baru Ma’had ‘Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo Tahun Ajaran 2022 / 2023 Gelombang III

Pendaftaran Mahasantri Baru Ma’had ‘Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo Tahun Ajaran 2022 / 2023 Gelombang III

PROFIL SINGKAT MA’HAD ALY

Ma’had Aly Situbondo adalah lembaga Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam yang menitikberatkan pada kajian fikih dan ushul fikih. Lembaga ini didirikan oleh KHR. As’ad Syamsul Arifin pada tanggal 21 Pebruari 1990 di PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo setelah melalui proses yang melibatkan semua kalangan, termasuk meminta restu dan tashih kurikulum kepada tiga ulama besar Mekkah, yaitu Syekh Yasin bin Isa Al-Fadani, Sayyid Muhammad bin Alawy al-Maliki, dan Syekh Ismail bin Utsman al-Yamani.

Ma’had Aly ini memiliki dua jenjang (marhalah), yaitu Ma’had Aly Marhalah Ula (M.1) dan Ma’had Aly Marhalah Tsaniyah (M.2). dengan turunnya UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, PMA No. 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam, dan PMA .71 Tahun 2015 tentang Ma’had Aly, Ma’had Aly memiliki status dan legalitas serta sosial efek yang sama dengan pendidikan tinggi yang lain di Indonesia, baik umum maupun keagamaan.

Berdasarkan SK No. 3002 Tahun 2016 untuk Ma’had Aly Marhalah Ula (M1) dan SK No. 3844 Tahun 2017 untuk Ma’had Aly Marhalah Tsaniyah (M2), Pada saat ini  Ma’had Aly memiliki mitra kerjasama sebagai penyelenggara program beasiswa, diantaranya PBSB Kemenag RI, LPPD Pemprov Jatim, dan BAZNAS.

TUJUAN

  1. Terwujudnya lembaga ahli fikih yang mengintegrasikan keilmuan pesantren sebagai ciri khas Islam-Indonesia dan keilmuan modern perguruan tinggi;
  2. Terwujudnya lulusan yang mampu memediasi antara kelompok tekstualis (literalis) yang cenderung radikal dan kontekstualis yang rentan liberal;
  3. Terwujudnya fikih yang sesuai dengan perkembangan zaman;
  4. Terwujudnya lulusan yang berilmu tinggi dan beramal saleh seperti para salafuna as-shalih

VISI

“Menjadi lembaga pendidikan tafaqquh fi al-din jenjang tinggi bertaraf internasional yang unggul dan kompetitif dalam melahirkan faqih zamanih sebagai generasi muslim khaira ummah”.

MISI

  1. Menyelenggarakan dan melaksanakan pendidikan, pengajaran, dan kajian fiqh-ushul fiqh dengan memadukan sistem pesantren dan perguruan tinggi.
  2. Melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan kepada pesantren dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan dan melaksanakan kaderisasi keulamaan.
  4. Menanamkan karakter ilmiah dan amaliah salafuna as-shalih melalui studi fiqh-ushul fiqh.

PROFIL LULUSAN

  1. Ma’had Aly Marhalah Ula (M.1) / Program Sarjana
    • Mampu membaca dan memahami kitab Fath al-Muin atau yang sederajat,
    • Mampu menyelesaikan masail fiqhiyyah dengan pendekatan qawly (maraji’ kitab kuning).
  2. Ma’had Aly Marhalah Tsaniyah (M.2) / Program Magister
    • Mampu membaca dan memahami kitab Fath al-Wahhab atau yang sederajat,
    • Mampu menyelesaikan masail fiqhiyyah dengan pendekatan qawly dan manhajy (metodologi istinbath hukum).

METODE  PERKULIAHAN

                Perkuliahan di Ma’had Aly memadukan antara tradisi Pendidikan Pesantren dan Perguruan Tinggi. Tradisi pesantren yang dilestarikan di Ma’had Aly yaitu pembelajaran bandongan dan sorogan yang dibimbing Masyayikh yang sudah diakui kapasitas keilmuannya secara akademik dan integritasnya di tengah-tengah masyarakat.

                Sedangkan tradisi Perguruan Tinggi dilaksanakan pembelajaran yang berpusat pada mahasantri (student centered), yakni sebuah metode pendidikan dimana mahasantri diberi wewenang penuh untuk mencari, menemukan, dan mengembangkan informasi atau ilmu yang diperoleh, sementara dosen sebagai motivator, fasilitator, dan pengarah dalam aktivitas belajar mengajar.

                Secara umum, kegiatan belajar mengajar Ma’had Aly ditempuh dengan model klasikal yang dibimbing langsung oleh dosen dan masyayikh. Disamping itu juga , ditunjang dengan model bimbingan intensif yang dibimbing oleh tim musyrif Ma’had Aly.

DOSEN TENAGA PENGAJAR

  1. Dosen Harian / Al-Mudarrisun KHR. Ach. Azaim Ibrahimy; KH. Abdurrahman Al-Kayyis; KH. Afifuddin Muhajir, M.Ag.; Dr. Hj. Ny. Umi Khoiriyah, M.Ag.; KH. Sholahuddin Munsyif; KH. Abdillah Mukhtar; KH. Zuhri Zaini; KH. Zainul Mu’in, Lc.;  Dr. Wawan Juandi, M.Ag.; Prof. Dr. H. Abu Yasid, M.A., LL.M; Dr. Moh. Aunul Abid, LC.; Dr. H. A. Muhyiddin Khatib, M.H.I; Imam Nakha’i, M.H.I; Dr. H. Nawawi Thabrani, M.Ag.; Khairuddin Habziz, M.H.I.; Sukandi, M.H.I. dan dosen-dosen lain yang memiliki latar belakang pesantren atau perguruan tinggi dalam dan luar negeri.
  2. Dosen Tamu / Al-Muhadlirun Syekh Muhammad bin Ismail Zain al-Yamani; Sayyid Amin Muhammad Ali ad-Duhaibi al-Jaelani; Syekh Sayyid Ali bin Abu Bakar Tarim; Syekh Dr. Muhammad Fadhil Jaelani al-Hasani; Sayid Habib Ahmad Hadi bin Ahmad al-Maliky al-Hasani; Habib Ahmad bin Abdullah al-Haddad; Prof. Dr. Said Aqil Siradj, M.A.; Prof. Dr. Sayyid Agil Husein Al-Munawwar, M.A; Prof. Dr. Habib Muhammad Baharun, M.A.; Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi; Dr. KH. A. Malik Madani, MA; Syekh Ammar Azmi Arrafati.; Prof. Mahfud, MD; Syaikh Khaled Muhammad al-Halabi; KH. Abdul Qoyyum Manshur; KH. Baha’uddin Nursalim; dan dosen-dosen lain yang memiliki latar belakang pesantren atau perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

PENDAFTARAN MA’HAD ‘ALY

Gelombang III

Pendaftaran : 01 – 03 Agustus 2022 / 03-05 Muharram 1443 H

Ujian Tulis: 05 Agustus 2022 / 07 Muharram 1443 H

Ujian Lisan: 06 – 08 Agustus 2022 / 08-09 Muharram 1443 H

Yudisium : 11 Agustus 2022 / 13 Muharram 1443 H

Pengumuman : 12 Agustus 2022 / 14 Muharram 1443 H

Persyaratan Administrasi :

  1. Fotokopi identitas santri PP. Salafiyah Syafi’iyah seperti KTS,  Kartu Utap dan bukti santri baru.
  2. Formulir Pendaftaran yang telah diisi;
  3. FC Ijazah SMA sederajat/Surat Keterangan Lulus
  4. 2 (dua) lembar pas foto  berukuran 3×4;

Biaya Pendaftaran

Marhalah Ula (M.1) : Rp. 200.000

Marhalah Tsaniyah (M.2) : Rp. 230.000

Materi Ujian

Marhalah Ula (M.1)

Tulis : Fikih, Qawaid Fikih, Ushul Fikih, Nahwu dan Shorof

Lisan: Fathul Qarib dan hafalan Alfiyah 100 bait

Marhalah Tsaniyah (M.2)

Tulis : Fikih, Qawaid Fikih, Ushul Fikih, Nahwu dan Shorof

Lisan: Fathul Muin dan Ghayatul Wushul

Tempat Pendaftaran

Kantor Sekretariat Ma’had Aly (Lembaga Kader Ahli Fiqh)

Alamat: Sukorejo, Sumberejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374

Contact Person :

087 763 144 514 ( Agus Fauzi )

085 335 026 335 ( Kantor Ma’had Aly )

Add a Comment

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest

Exit mobile version