Kuliah Umum: Keseimbangan Antara Tasawuf dan Fikih

Kuliah Umum: Keseimbangan Antara Tasawuf dan Fikih

Sebagai ikhtiar dalam rangka menyeimbangkan hati dan fikiran, antara fikih dan tasawuf dan antara lahir dan batin, Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah telah menyelenggarakan kuliah umum dua kali selama sepekan: materi tentang Tasawuf.

Malam ini tepatnya Rabu 15/06/22, Ma’had Aly melaksanakan pengajian umum. Adapun temanya, pada dasarnya bebas, namun tetap menitik beratkan tentang tasawuf, pentingnya beramal dan lain semacamnya. Narasumbernya adalah Syeh Ammar Azmi al-Rafati. Sosok beliau sudah tidak asing lagi bagi santri Ma’had Aly khususnya dan Pesantren Salafiyah Syafi’yah Sukorejo Situbondo umumnya. Sebab, beliau sering mengisi di Ma’had Aly Situbondo.

diantara materi yang disampaikan beliau adalah keharusan ikhlas dalam mencari ilmu dan mengabdi bagi seorang santri; dengan cara senantiasa meng-upgrade niat. terakhir, bagi seorang santri seyogyanya tidak lalai dari amal.

Sebelumnya, Ma’had Aly Sitobondo sudah menggelar kuliah umum dengan tajuk “Sinergi antara Tasawuf dan Fikih”. Pada selasa kemarin tepatnya tanggal 14/06/22 acara tersebut diselenggarakan. Sedangkan pematerinya adalah Mursyid Thariqah al-Idrisiyyah yaitu Syekh Fathurrahman, pimpinan Pondok Pesantren al-Idrisiyyah Tasikmalaya.

Hal ini, menunjukakan betapa Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah memiliki geliat dan gairah penuh untuk menyeimbangkan antara tasawuf dan fikih, syariat dan hakikat. Karena “syari’at tanpa hakikat adalah batal dan hakikat tanpa syariat adalah kosong” begitulah kata bijak bestari. (M. Soleh Shofier)

Add a Comment

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest

Exit mobile version